Wisata Anyar Mangrove Surabaya

Hai sobat! Taukah anda saat ini di Surabaya telah banyak terjadi perubahan , dimana potensi wisata menjadi salah satu hal yang dikembangkan oleh pemda kota Surabaya.
Dan salah satunya yaitu wisata mangrove, dimana dengan mengembangkan potensi tanaman mangrove ini selain kita menjadapatkan manfaat dari tanaman mangrove itu sendiri untuk menahan abrasi pantai tetapi juga menyediakan nutrisi bagi ikan-ikan. Tumbuhan bakau ini mampu melindungi kawasan pesisir dari terjangan badai tropis dan mencegah terjadinya erosi akibat air laut. Selain itu, dapat pula menyimpan jutaan ton karbon serta menjadi rumah bagi berbagai jenis spesies yang tidak ditemukan di kawasan lainnya. Hal ini membuktikan bahwa keberadaan hutan magrove sangat penting.
Kota Pahlawan ini  merealisasikan kawasan Wisata Anyar Mangrove (WAM). Objek wisata yang masih tergolong baru ini berada di daerah Gunung Anyar, sekitar 2 km arah timur kampus UPN Veteran.  Itu sebabnya, kawasan wisata ini juga sering disebut Mangrove Gunung Anyar. Tempat  ini bisa menjadi obyek wisata alam, wahana pendidikan lingkungan, serta menjadi alternatif wisata bahari alami di Surabaya.
WAM Surabaya diresmikan pada tanggal 1 Januari 2010 oleh Walikota Surabaya waktu itu yakni Bambang DH. Objek wisata ini mempunya nilai eksotis, diantaranya karena menggunakan perahu nelayan yang asli untuk menuju area mangrove. Begitu masuk ke area ini, pengunjung dapat melihat hutan mangrove, laut, serta flora fauna yang menarik. Tentu saja hal ini menjadi hal yang menarik bagi warga Surabaya dalam mencari alternatif hiburan dalam kota.
Di sepanjang perjalanan menuju area mangrove, Anda juga dapat melihat binatang liar seperti monyet berekor panjang dan berbagai spesies burung. Wisatawan yang berminat datang ke tempat ini juga bisa ikut menanam dan merawat bakau di area tersebut. Keberadaan WAM juga melibatkan banyak unsur masyarakat lokal seperti petani tambak, nelayan, UKM, RT, RW, PKK, Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM), serta Karang Taruna. Seluruh elemen masyarakat turut berpartisipasi dalam mengembangkan wisata ini.
Untuk mencapai tempat wisata yang indah ini, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 5 km dari Jembatan MERR II-C yang ada di kawasan Pondok Nirwana atau Stikom Surabaya. Dari jembatan itu kita harus berjalan ke arah timur melewati IPH School, pangkalan taksi Orenz, hingga menemui penunjuk arah menuju EMW (Ekowisata Mangrove Wonorejo). Jarak tempuh dari EMW hingga lokasi berkisar 2,5 kilometer. Transportasi yang bisa digunakan adalah sepeda motor maupun mobil.
Lokasi wisata mangrove ini tidak jauh dari Ekowisata Mangrove Wonorejo. Selain itu, wisata alam lain kota Surabaya yang dapat Anda kunjungi adalah Taman Wisata Selorejo, Kebun Bibit Wonorejo, dan lain-lain.
Jadi, selamat berwisata di kota Surabaya

0 comments:

Post a Comment

IndoStore Theme

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design